KATAKAMI REDAKSI

Ikon

JURNALISME YANG LAYAK DIPERCAYA

Jangan Jadi Jamintel Dong, Hendardji Supandji Lebih Tepat Jadi KSAD Atau Sekalian Jadi Jaksa Agung

ASPAM KSAD Mayjen Hendardji Supandji

ASPAM KSAD Mayjen Hendardji Supandji

 JAKARTA (KATAKAMI)  Tak ada angin, tak ada hujan, tiba-tiba di hari Jumat (13/3/2009) ini beredar isu bahwa adik Hendarman Supandji akan dipromosikan menjadi Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) untuk menggantikan Wisnu Subroto. 

Saat ini Hendardji Supandji, anak ke-4 dari pasangan Alm. Brigjen. Dr. Soepandji – Roesmijati itu menjabat sebagai Asisten Pengamanan Kepala Staf TNI-AD (Aspam). Hendarji, juga dikenal sebagai Pengurus KONI PUSAT.

Jaksa Agung Hendarman Supandji menanggapi ringan isu tersebut dan malah menjadikannya sebagai bahan gurauan kepada sang adik.

“Ngapain saya jadi Jamintel. Kalau perlu saya gantiin kamu biar nanti tak perbaiki semua,” kata Jaksa Agung Hendarman Supandji menirukan ucapan adiknya, usai sholat Jumat di Masjid Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat, (13/3/2009).

Penyataan Hendardji itu disampaikan kepada Hendarman tadi pagi melalui telepon.

“Saya bilang ke dia, eh kamu dirumorkan jadi Jamintel. Eh tertawa dia,” lanjut Hendraman disambut tawa wartawan.

Hendarman kembali menegaskan, Wisnu Subroto masih belum pensiun. Bahkan menurut ketentuan yang berlaku, Wisnu baru memasuki masa pensiun dua tahun lagi yakni pada 2011 mendatang.

“Saya belum rapat, lah masih jauh kok dan ini masih terlalu pagi.  Jamintel ini belum pensiun loh masak saya sudah menyiapkan?” ungkap Hendarman.

*****

Kepada KATAKAMI.COM lewat wawancara eksklusif Jumat (13/3/2009), Mayjen Hendardji membantah semua isu yang berhembus mengenai perpindahan tugas dirinya ke Kejaksaan Agung.

“Begini lho Pak Aspam, ada isu hari ini, katanya Pak Aspam akan segera pindah tugas ke Kejaksaan Agung. Benar atau tidak ?” tanya KATAKAMI.COM kepada Hendardji Supandji.

“Kabarnya dari mana ?” jawab Hendardji sembari balik bertanya.

“Dari pemberitaan media massa-lah. Wartawan malah sudah bertanya langsung ke Jaksa Agung. Kalau KATAKAMI ya, untuk apa tanya ke Jaksa Agung. Mendingan tanya langsung kepada orangnya, apakah benar Pak Aspam akan pindah ke Kejaksaan Agung ?” tanya KATAKAMI kembali kepada Hendardji.

“Ndak betul itu, sampai saat ini tugas saya masih tetap sebagai Aspam dan saya belum dengar ada perintah baru untuk perpindahan alih tugas ke sana” jawab Hendardji Supandji.

“Kami kira sudah bakal pindah jadi sekantor dengan Kang Mas-nya. Ya lumayan toh, bisa numpang mobil dinas RI-47 kalau mau ngantor, hemat bensin” lanjut KATAKAMI seraya bergurau.

Mobil Camry RI-47 adalah mobil dinas Jaksa Agung Hendarman Supandji.

“Ndak, Ndak, ndak betul itu. Saya malah baru dengar ada kabar begitu,” jawab Hendardji dan langsung tertawa saat mendengar gurauan bahwa ia bisa numpang mobil sang kakak kalau mau ke kantor jika memang benar akan menjadi Jamintel.

“Baiklah Pak Aspam, terimakasih lho ya. Jangan jadi Jamintel dong, bagaimana sih ? Hendardji itu jauh lebih kapabel untuk dipromosikan jadi Wakasad, atau KSAD sekalian. Kalau cuma Jamintel, namanya cuma geser kursi ke sebelah doang. Terimakasih ya Pak Aspam” sahut KATAKAMI.COM lepada Hendardji Supandji, yang memang sudah kami secara baik sekali.

*****

Hendarman Supandji, Kakak Hendardji Supandji

Hendarman Supandji, Kakak Hendardji Supandji

Hendardji, Mantan Komandan Puspom TNI, adalah figur yang sangat tegas, keras dan disiplin. Keras dalam arti disiplin. Ia bahkan jauh lebih tegas dan keras dalam menerapklan disiplin kerja, dibandingkan Hendarman Supandji sang kakak.

Tak heran kalau Hendardji terus diberi kepercayaan dalam bidang penyidikan untuk urusan pelanggaran disiplin di lingkup TNI. Jauh sebelum menjadi Komandan Puspom TNI, Hendardji juga menjabat sebagai Komandan Puspom Kodam Jaya.

Ketegasan dan keberanian Hendardji dalam menangani berbagai pelanggaran ini, pernah menjadi gurauan tersendiri bagi Panglima TNI Jenderal Joko Santoso. Gurauan yang konotasinya positif untuk menggambarkan bahwa Hendardji adalah figur yang sangat tegas.

“Hendarji itu cocok buat nangani yang “aneh-aneh”. Jadi kalau buat mengurusi TNI-TNI yang nakal ini, serahkan saja ke Hendardji, pasti beres. Wis … pokoke serahin ke Hendardji” kata Panglima TNI Joko Santoso kepada KATAKAMI.COM dalam satu kesempatan.

Akan tetapi, rasanya agak sulit untuk Hendardji bisa lebih lama berkiprah di TNI sebab perwira tinggi ini akan memasuki masa purna bhakti pada tahun 2009 ini. Ia angkatan 1974. Artinya, pada tahun 2009 ini Hendardji akan memasuki masa pensiun.

Namun, mengingat perwira tinggi yang satu ini sangat tinggi kapabilitasnya, sayang kalau disia-siakan. Kalau mau jujur, Hendardji jangan ditempatkan sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) tetapi langsung menempatkannya sebagai Jaksa Agung untuk menggantikan sang kakak Hendarman Supandji.

Jaksa Agung Hendarman Supandji

Jaksa Agung Hendarman Supandji

 Persis bulan Mei 2009 nanti, Hendarman genap 2 tahun menjadi Jaksa Agung.  Jika Presiden SBY punya pemikiran untuk melakukan perombakan di jajaran Kejaksaan Agung yaitu mencari alternatif pengganti Jaksa Agung Hendarman Supandji, tidak ada salahnya mempertimbangkan nama Hendardji Supandji. Mengganti seorang pejabat tinggi, tidak harus karena ia melakukan kesalahan atau pelanggaran baru dicopot. Tetapi untuk lebih meningkatkan kinerja Kejaksaan Agung, sah-sah saja posisi Jaksa Agung diganti.

Dan percayalah, jika penggantinya Hendardji Supandji maka … beres semua yang “kacau balau” di Kejaksaan Agung. Perbedaan sifat dari Hendarman dan Hendardji, ibarat langit dan bumi.

Hendarman, lebih banyak rasa sungkannya atau ewuh pakewuh. Tetapi tidak demikian pada diri Hendardji. Ia tegas dan keras dalam penerapan disiplin. Perlu memberikan pimpiman yang sangat tinggi kapabilitas dan jaminan mutu moralitasnya untuk memimpin sebuah lembaga sebesar Kejaksaan Agung.

Jadi, istilah guyonnya, daripada Hendarjdi nebeng di mobil dinas RI-47 milik Jaksa Agung, ya jauh lebih baik mobil dinas itu diserah-terimakan kepada sang adik yang memang punya kapabilitas lebih tinggi.

Monggo Pak Presiden, silahkan dipertimbangkan.

 (MS)

Filed under: Uncategorized

Maret 2009
S S R K J S M
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Kategori

Kategori

%d blogger menyukai ini: